Daftar Blog Saya

3 Hadiah Cinta Abadi.. Untuk kasih Sayang Sejati .. Sepanjang Masa


GEGARES - Kata-kata tak cukup mampu melukiskan cinta para lelaki ini kepada pasangannya. Melalui jalinan bata, marmer, kayu dan tanah yang berpadu dalam karya arsitektur berwujud kastil, mereka mengekspresikan perasaaannya.

1. Kastil Boldt


Di atas area seluas dua hektar, kastil boldt berdiri kokoh setinggi enam tingkat dengan seratus dua puluh kamar di dalamnya. Dilengkapi beberapa terowongan, sebuah bangunan pembangkit listrik, dan taman bergaya italia, Kastil Boldt menunjukan kemewahan khas Eropa. Detil seperti drawbridge, menara Alster (tempat bermain untuk anak-anak), dan rumah bagi burung merpati, membuatnya makin memikat.

Pada tahun 1900-an, George Boldt, seorang miliarder pemilik franchise Hotel Wildorf Astoria bermaksud memberikan kastil ini sebagai hadiah valentine untuk istrinya, Louise. Setelah memilih Heart Island, sebuah pulau berbentuk hati di pesisir Alexandria, New York sebagai lokasinya George pun mulai membangun.

Sayangnya, kastil ini menjadi hadiah yang tak pernah sampai. Setahun sebelum kastil ini dibangun, istri george mendadak meninggal dunia. George Boldt yang patah hati menghentikan proses pembangunan kastilnya, ia tak pernah kembali lagi ke Heart Island. Setelah tragedi itu, selama 73 tahun, Kastil Boldt dicampakkan begitu saja.

Nasib kastil ini membaik sejak tahun 1977. Sebuah lembaga bernama Thousand Island Bridge Authority membeli Heart Island dan rumah yacht di dekatnya seharga US$1 juta. Setelah melalui proses restorasi, Kastil Boldt kini dapat terus dinikmati keindahannya oleh generasi berikutnya. Tak jarang terdapat pasangan yang melangsungkan pernikahan mereka di tempat ini.

2. Casa Loma

Kastil yang hampir diberi nama Maryhill ini akhirnya diputuskan untuk dinamai Casa Loma, yang dalam bahasa spanyol  berarti rumah di atas bukit. Bangunan bergaya Gothic Revival ini terletak di toronto, Kanada. Dibangun antara tahun 1911-1914, sebagai hadiah Jenderal Manajer Sir Henry Mill Pellatt pada istrinya, Mary. Untuk mendirikan dan mengisinya dengan perabotan diperlukan biaya yang tidak sedikit. Sekitar US$5 juta atau saat ini setara dengan US$65 juta dan 300 orang pekerja - Kastil Cinta Casa Loma dibangun. Setelah selesai, Pasangan Sir Henry Mill Pellatt dan istrinya Mary sempat menikmati tinggal di kastil impian mereka hanya 10 tahun.

Setelahnya, bangunan 3 lantai dengan 98 kamar ini harus direlakan  kepemilikannya oleh pasangan suami istri ini. Tingginya pajak akibat depresi keuangan yang berujung pada perang dunia 1 menjadi sebabnya. Sir Henry terpaksa melelang Casa Loma hanya seharga US$1,75 juta bersama perabotannya.

Casa Loma merupakan tempat tinggal pribadi terluas di Kanada, mencakup area seluas 1.335 meter persegi meliputi 2 hektar taman cantik terbentang pada halaman Casa Loma. Kandang kuda yang sangat luas dan tempat menginap sehabis berburu juga melengkapinya. Di dalam kastil yang modern ini terdapat sebuah lift, oven super besar yang bisa memuat seekor kerbau, 2 koridor dengan organ pipa, central vacuum, dan 2 koridor rahasia di kantor lantai dasar milik Sir Henry, serta 3 arena bowling.

Sepeninggal Sir Henry dan istrinta, Casa Loma beberapa kali beralih fungsi. Residence ini sempat menjadi hotel mewah sekitar tahun 1920-an dan klub malam yang populer. Selama perang dunia ke-2, kastil ini bahkan pernah digunakan sebagai tempat penelitian rahasia sonar deteksi U-boat. Termakan waktu, Casa Loma juga sempat runtuh dan tak terurus. Namun kini, setelah direstorasi selama 15 tahun, Casa Loma kembali hidup sebagai museum-sebuah landmark yang sering dikunjungi turis.

3.Taj Mahal



Duka yang hebat merundung Shah Jahan. Penguasa kerajaan Moghul ke-4 yang memerintah Asia Selatan ini begitu terpukul setelah istri kesayangannya, Mumtaz Mahal, mangkat. Sang Raja lalu tergerak hatinya untuk membangun mausoleum-monumen peringatan yang didirikan di atas makam sang istri. Mausoleum ini dinamai Taj Mahal atau Crown Palace

Penggarapan mendetail oleh banyak pekerja spesialis membuat Taj Mahal stunningly perfect. Sekitar 22.000 pekerja dan pengrajin disatukan dari seantero India dan Asia Tengah untuk mewujudkan bangunan bergaya Muslim Persia-Mughal ini. Selama 22 tahun, 1632-1654, mereka membangun Taj Mahal. Mereka juga menghiasinya dengan kaligrapi Quran dan ornamen floral Islam menggunakan teknik pahat dan kombinasi batu semi-precious. Harmonis, agung dan murni adalah wujud cinta Shah Jahan pada Mumtaz Mahal yang tercermin pada Taj Mahal.

Kesimetrisan mewarnai struktur konstruksi Taj Mahal. Berdiri megah di kota Agra, India. Taj Mahal menaungi makam Mumtaz Mahal (juga Shah Jahan)  pada ruang bawah tanahnya. Bangunan utamanya berbentuk persegi dengan keempat ujung terpotong, membentuk segi delapan tak sama sisi apabila dilihat dari angkasa. Sebuah kubah utama dan 4 buah kubah disekelilingnya menjadi komposisi bangunan utama ini. Kubah utama tepat berada di tengah Taj Mahal, dengan diameter 23 meter dan menjulang setinggi 85 meter. Selain itu, terdapat 4 petak taman berbentuk persegi pada pelataran Taj Mahal.

Bagi peradaban manusia, Taj Mahal bukan hanya sekedar mausoleum. Bangunan ini merupakan maha karya arsitektur. Tahun 1983 UNESCO meresmikannya sebagai salah satu "World Heritage Site." Keindahannya seolah mengabadikan cinta Shah Jahan pada Mumtaz Mahal. (mon/wid)

0 komentar:

Posting Komentar